Budak vs Pemenang!

Kita akan belajar dari 2 tokoh utama skenario Ilahi bangsa Israel dari tanah Mesir menuju tanah Perjanjian yaitu Musa dan Yosua, kedua pemimpin ini sama-sama memimpin bangsa Israel dalam generasi yang berbeda dan memang terdapat perbedaan-perbedaan signifikan terutama dalam hal Mental kedua generasi bangsa yang sama ini, bahwa bangsa Israel yang dipimpin oleh Musa adalah orang-orang yang baru keluar dari perbudakan, mereka memiliki mental budak dan disebut generasi Budak suatu mental yang terbiasa dengan hidup yang penuh penderitaan, siksaan, tekanan, dan yang lebih parah tanpa pengharapan. Sedangkan generasi Yosua disebut generasi Pemenang mereka tidak pernah mengalami kekalahan (kecuali melawan bangsa Ai karena kesalahan segelintir orang)

Mari kita lihat dalam Alkitab mengenai kedua generasi bangsa Israel dalam menghadapi momen yang serupa. Memang banyak perbedaan mendasar namun kita akan mengambil 3 perbedaan saja:

1. Keluaran 14:21Lalu Musa mengulurkan tangannya ke atas laut, dan semalam-malaman itu TUHAN menguakkan air laut dengan perantaraan angin timur yang keras, membuat laut itu menjadi tanah kering; maka terbelahlah air itu.

Yosua 3:13Segera sesudah kaki para imam pengangkat tabut TUHAN, Tuhan semesta bumi, berhenti di dalam air sungai Yordan, maka air sungai Yordan itu akan terputus; air yang turun dari hulu akan berhenti mengalir menjadi bendungan."

Pada generasi Musa untuk mereka menyebrangi laut Teberau Musa terlebih dahulu yang melakukan tindakan untuk ‘membelah’ laut itu, tapi pada generasi Yosua setelah para imam pengangkut tabut ‘melangkah’ baru terjadilah terbelahnya sungai Yordan! Mental Budak akan menuntut melihat terjadinya perkara yang dari Tuhan tapi Pemenang akan melangkah terlebih dahulu karena yakin dan percaya pertolongan dari Tuhan!

2. Pada generasi Musa mereka dikejar oleh pasukan Firaun dan mereka tahu tidak ada jalan keluar lagi baik kanan, kiri, belakang, depan pun ada laut Teberau dan jalan keluar Tuhan sediakan dengan membelahnya laut itu. Sedangkan pada generasi Yosua mereka tanpa hambatan sama sekali dan tidak dikejar-kejar musuh! Justru mereka tahu ketika mereka menyebrangi sungai Yordan mereka akan menghadapi banyak musuh dan ada peperangan demi peperangan yang harus mereka hadapi. Di sini bedanya, jika seorang mempunyai mental Budak mereka akan maju sambil berseru dan hanya berseru kepada Tuhan ketika masalah datang dan tidak ada jalan keluar, namun orang yang bermental Pemenang mereka akan maju dan berseru kepada Tuhan untuk suatu visi yang mereka tahu Tuhan sendiri yang sediakan!

3. Keluaran 14:10-12 Ketika Firaun telah dekat, orang Israel menoleh, maka tampaklah orang Mesir bergerak menyusul mereka. Lalu sangat ketakutanlah orang Israel dan mereka berseru-seru kepada TUHAN, dan mereka berkata kepada Musa: "Apakah karena tidak ada kuburan di Mesir, maka engkau membawa kami untuk mati di padang gurun ini? Apakah yang kauperbuat ini terhadap kami dengan membawa kami keluar dari Mesir? Bukankah ini telah kami katakan kepadamu di Mesir: Janganlah mengganggu kami dan biarlah kami bekerja pada orang Mesir. Sebab lebih baik bagi kami untuk bekerja pada orang Mesir dari pada mati di padang gurun ini."

Pada generasi Musa ketika masalah mengejar dan tekanan datang, mereka mengomel dan bersungut-sungut! Ada dua kata yang sering disebutkan di dalam Alkitab mengenai generasi Musa ini yaitu bersungut-sungut dan mengomel, itulah generasi para Budak! Kita bandingkan dengan generasi Yosua

Yosua 3:5 Berkatalah Yosua kepada bangsa itu: "Kuduskanlah dirimu, sebab besok TUHAN akan melakukan perbuatan yang ajaib di antara kamu."

Betapa bedanya kedua generasi ini, pada generasi Yosua tidak ada pasukan Firaun mengejar, banyak jalan lain daripada jalan menuju peperangan, tidak ada ucapan yang bersungut-sungut dan omelan justru yang Yosua ucapakan kuduskan dirimu! Itulah mental para Pemenang!

Termasuk jenis orang kristen yang manakah kita? Budak atau Pemenang kah kita? karena firman “kita lebih dari pemenang” tidak akan berdampak atau akan terjadi dengan dahsyat dalam hidup kita tergantung dengan mental kita! Baiklah janji-janji dan destiny yang terbaik dari Tuhan terjadi segera! Amen.

No comments:

Post a Comment